Tuesday, December 1, 2015

5 Asal Usul Nama Kota Paling Unik

Kota-kota di Indonesia punya sejarah panjang yang unik. Beberapa diantaranya menghasilkan nama kota yang kita kenal sampai saat ini, ayok lah kita bahas beberapa nama kota yang paling unik dan punya sejarah yang menarik..!

1. Samarinda
Salah satu kota paling maju di pulau Kalimantan, punya sejarah yang lumayan panjang soal namanya. Kamu pasti menduga-duga bahwa kota ini dinamakan Samarinda karena dulu ada hubungannya dengan cewek cantikyang namanya Rinda? Well, ternyata cewek yang namanya Rinda malah jarang ditemukan di kota ini. Kota ini dinamakan Samarinda karena leluhurnya dulu pernah membangun rumah sakit yang diharuskan sama rendahnya dengan bangunan lain yang ada di kota ini, yang melambangkan persamaan derajat atauequality. jadi asal nama samarinda itu dari kata sama rendah, gak ada urusan sama si Rinda.

2. Pontianak
Kita patut bangga Indonesia punya nama kota yang asalnya dari hantu, ini bahkan jarang terjadi di dunia. Yap, asal nama Pontianak memang berasal dari nama hantu klasik bernama Kuntilanak.Syarif Abdurrahman Alkadriesang pendiri kota ini konon sering diganggu makhluk halus berupa Kuntilanak dan konco-konconya saat mengarungi sungai Kapuas, itulah kenapa saat ia menjadi sultan ia lalu menamakan kotanya Pontianak. Denger-denger pemrov Kalbar malah sampai mau membangun tugu Kuntilanak biar imej si Kunti di kota ini makin lekat saja, dan jadi objek wisata yang ikonik.

3. Salatiga
Waktu bocah dulu pasti pernah dengerjokeguru yang bunyinya kaya gini “Kota apa yang selalu dapat 7?” Kalau gak ada murid yang bisa jawab guru itu bakal dengan semangat bilang “Kota Salatiga!” lalu guru itupun dapat nobel perdamaian di kemudian hari karena joke legendarisnya tersebut. Kota Salatiga ternyata asal-usul namanya berasal dari cerita rakyat Jawa Tengah ekstra kompleks, yang kira-kira intinya adalahSunan Kalijagamenghukum muridnya yaitu sang bupatiKi Ageng Panandaranyang membuat 3 kesalahan besar dalam hidupnya, yaitu kikir, sombong, dan menyengsarakan rakyat. Jadi sebenernya joke si guru tadi relevan juga kan..

4. Bau-Bau
Mendengar nama kota ini pasti mikirnya ke konotasi negatif yang dihasilkan sama yang namanya bau. Padahal kota yang menjadi pusat dari pulau Buton ini memiliki pemandangan yang begitu indah layaknya kota yang berada di pinggir pulau, dan MBDC yakin banyak juga yang wangi-wangi di kota ini. Ternyata sejarahnya nama kota ini adalah karena dulunya ada banyak bangsawan Bugis yang bergelarAndi Baudatang ke kota itu dan menjadikan kota itu menjadi daerah perdagangan yang makmur. Rakyat lalu memberi nama kota Bau-Bau merujuk pada jasa para bangsawan Bugis tersebut.

5. Fakfak
Ini kota dengan nama paling radikal di dunia, kita bisa mengharapakan di Amerika sana bakal ada aja yang tersinggung ketika seseorang menyebut nama kota ini nyaring-nyaring. Karena satu “fak” saja sudah seperti marah, apalagi kalau ada dua “fak” dan digandeng bareng. “Fakfak!”You just don’t mess with this city!Tapi ternyata asal nama kota ini gak segahar yang dibayangin. Fakfak dulunya bernama Pakpak, dan itu adalah bahasa daerah yang mengindikasikan kekompakan. Kenapa kemudian huruf P diganti jadi F? Biar lebih keren aja kali ya. Oh ya, seperti juga kota lain di bagian timur Indonesia yang masih belum terlalu tersentuh modernisasi, Fakfak juga memiliki pinggiran pantai dan pemandangan bukit yang luar biasa indah, main-mainlah ke sana kalo ada waktu!
Pasti kamu jadi tambah pinter abis tau sejarah nama-nama kota di atas, share dong kamu tinggal di kota apa dan bagaimana asal usul dan sejarahnya nama kota kamu?

0 comments:

Post a Comment